fbpx

Yoga Dance Music

Ubud, Bali March 29 - April 5, 2020

Blog

Apa itu BaliSpirit Festival

Temukan dirimu. Bertemu mereka yang sepemikiran denganmu. Berdansa. Mengalami Yoga dengan beragam cara yang belum pernah Anda praktekan sebelumnya. Penyembuhan. Mendengarkan. Belajar. Bersenang-senang. Dan lebih banyak lagi. Tiap tahun, selama satu minggu, di bulan Maret/April, orang dari seluruh penjuru dunia akan berdatangan ke pulau tropis Bali untuk melakukan perjalanan pencarian (jati diri), mengikuti kelas-kelas yoga, tari, bela diri, olah nafas dan pengembangan diri di siang hari.

Setiap tahun selama satu minggu di Maret/April, orang dari seluruh penjuru dunia akan berdatangan ke pulau tropis Bali untuk melakukan perjalanan pencarian (jati diri), mengikuti workshop yoga, tari, seni bela diri, olah nafas dan pengembangan diri yang dilaksanakan di siang hari. Beragam suara akan terdengar dari lokasi festival di siang dan malam hari, ditampilkan oleh para penulis lagu, DJ, band world music dan berbagai musisi lainnya. Para peserta dapat memilih antara tiket festival selama 1 minggu penuh, 3 hari dan harian. Untuk pecinta music, ada beberapa pass khusus musik, dimana Anda bisa mengikuti beberapa workshop dan akses penuh untuk seluruh pertunjukan musik. Ini adalah festival untuk semua orang. Bagi yang masih lajang dan kelompok, anak-anak, remaja, keluarga, yogi berpengalaman dan juga pemula. Keberagaman program yang luar biasa dikombinasikan dengan lokasi yang yang indah dan spiritual membuatnya menjadi pengalaman tak terlupakan.

BAGI PECINTA YOGA

Pada dasarnya BaliSpirit Festival adalah Festival Yoga. Maka dari itu begitu banyak workshop didedikasikan untuk gaya hidup yogis dan beragam klasifikasi dalam dunia yoga. Presenter lokal dan internasional akan mengajar sesi baik gaya-gaya klasik seperti Yin Yoga, Vinyasa Flow, Kundalini, Hatha, Jivamukti, Ashtanga dan gaya fusion baru seperti Heavy Metal Yoga, Laughter Yoga, Afro Flow, yoga anak-anak dan lebih banyak lagi! Beberapa presenter memfokuskan pada pemperpanas tubuh Anda, yang lainnya dengan mengembalikan atau menyeimbangkan chakra… apapun juga itu: semua bertujuan untuk membagikan pengetahuan mereka, energi mereka dan semangat mereka dengan peserta festival dan untuk kebaikan bersama. Sebagai tambahan, terdapat juga kelas-kelas yang mendorong Anda untuk duduk diam, dan/atau mengarahkan perhatian Anda ke dalam diri. Kelas meditasi yang berbeda ini akan membantu Anda untuk kembali pada diri Anda.

 

OLAH NAFAS

Beberapa orang memanggilnya, Yoga jenis baru – kami percaya bahwa mereka mampu berjalan berdampingan dan saling melengkapi satu sama lain. Hal ini pula yang menyebabkan olah nafas menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir, begitu juga halnya di Balispirit Festival. Dalam kelas yang berlangsung dua jam atau lebih, fasilitator seperti Giten Tonkov, Dhana-Dharma Devi & Ashanna, Leena Kristina Tuulse dan lebih banyak lagi, akan memperkenalkan teknik-teknik pernafasan, mengajak peserta untuk melakukan perjalanan keluar dari diri sendiri dan pada saat yang sama menyembuhkan diri sendiri dari dalam.

DIMANA PENYEMBUHAN TERJADI & PERTUMBUHAN DIDUKUNG

Ketika keseluruhan proses penyembuhah diri dapat berlangsung saat mengikuti festival, terdapat pula pilihan untuk mengambil sesi pribadi dengan salah satu healer di area Healing Huts. Pembaca Tarot, Master Reiki, ahli memijat – lebih dari 20 ahli berbeda dalam kesehatan dan pengobatan alternative, pertumbuhan diri sendiri, dan kesehatan spiritual menawarkan sesi pribadi di festival setiap tahunnya.

Dan bahkan ada lebih banyak lagi kelas yang memfokuskan khusus pada penyembuhan. Baik itu soundhealing di sore hari sambil memandangi persawahan dan bulan terbit, perawatan Wataflow mengajarkan terapi air di kolam atau presentasi dan kelas praktek pijat Thai dan Esalen – healing adalah bagian dari BaliSpirit Festival, baik dialami secara nyata ataupun hanya dilewati begitu saja.

Aspek lain dari festival yang mendukung penyembuhan dari dalam tetapi juga pengembangan diri adalah obrolan dan seminar. Ahli dari berbagai bidang ilmu kehidupan dan pelatihan memberikan ide, contoh dan inspirasi bagaimana melampaui rintangan dan tumbuh berkembang.

BAGI PARA PENARI

Tentu saja, menari juga memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Dan ada banyak tarian di BaliSpirit Festival. Meanri dengan irama Afro-Brazilian, bergabung dengan kelas HipHop atau yang lebih spiritual seperti tari  5 elements – ini merupakan bagian yang meanarik dari festival dimana seluruh peserta dapat membumi, menggerakan tubuh mereka, membebaskan diri dari trauma atau berpindah ke lingkungan lain, hal ini biasanya berlangsung selama dua jam baik di program siang maupun malam hari.

BAGI PECINTA MUSIC

“The true beauty of music is that it connects people”- Roy Ayers

Hubungan – aspek besar lainnya dari BaliSpirit Festival. Hubungan dengan dirimu sendiri, orang lain dan dengan Tuhan. Deretan musisi yang tampil di BaliSpirit Festival termasuk seremonialis dan soul-healer, sound alchemist dan pengungkap kebenaran, suara-suara malaikat, suara hutan, suara akar yang menancap dalam, suara dari kearifan kuno, diekspresikan melalui seniman-seniman yang terinspirasi dengan spiritualitas, yang bermunculan dari empat penjuru planet yang keramat ini.
Musik siang dan malam hari bertujuan untuk menciptakan pengalaman konser yang intim dan saling berhubungan, yang akan membawa kita ke hubungan yang lebih dalam, kebahagiaan yang membuat kita bersinar dan perayaan yang sejatinya suci.

MENGIKUTI FESTIVAL SEBAGAI SOLO TRAVELER

Apabila festival ini dilihat sebagai ajang besar untuk berkumpulnya mereka yang sepemikiran, bagi beberapa orang, festival ini bisa terlihat menakutkan dan membutuhkan keberanian besar untuk mengikutinya sendirian. Apakah Anda merasa kesepian atau aneh? Apakah Anda akan merasa kesepian atau aneh? Tentu saja tidak! Walaupun ada waktu untuk menyendiri, akan tetapi semua workshop dan program musik memfokuskan koneksi (hubungan) – baik itu dengan diri Anda sendiri atau dengan orang lain. Banyak peserta yang datang sendirian tetapi kembali dengan seumur hidup yang baru. Ketika traveling alone segala sesuatu mungkin terjadi dan terkadang mudah untuk berhubungan dengan sesame peserta festival daripada ketika dating Bersama grup.

APAKAH FESTIVAL INI COCOK DIKUNJUNGI KELUARGA?

Tentu saja. Sepanjang minggu, Kids Zone (Zona Anak-anak) menawarkan layanan day-care-program yang menghibur, khusus disusun untuk anak-anak usia dua tahun keatas sehingga orang tua dapat mengikuti workshop sementara putra -putri mereka dapat bermain-main. Walaupun yang akan menjadi highlight bagi keluarga adalah Family & Community Day (Hari Keluarga dan Masyarakat) – satu hari di festival dimana semua workshop dapat diikuti oleh anak-anak dan dewasa untuk menikmati kegiatan Bersama-sama sebagai keluarga.

DAMPAK POSITIF DIBALIK FESTIVAL

Dibentuk pada 2008 dengan hanya 150 peserta, BaliSpirit Festival telah menjadi salah satu festival yoga dan musik terbaik di dunia, terhitung lebih dari 5000 peserta pada festival terakhir, termasuk 1000 orang Bali dan Indonesia, dengan pengunjung dari 60 negara lainnya. Mengikuti prinsip Hindu, Tri Hita Karana: Harmoni dengan Tuhan, Harmoni dengan Masyarakat, Harmony dengan Alam, BaliSpirit Festival berniat untuk membangkitkan dan memupuk potensi tiap individu melakukan perubahan dari dalam, membawa perubahan positif baik di rumah kita sendiri, di komunitas kita dan seluruh penjuru dunia.

Sebagai tambahan untuk memberikan tempat yang mengilhami transformasi diri, pendiri dari BaliSpirit Festival bersumpah untuk memberikan dukungan finansial, logistic, dan dukungan organisasional untuk badan-badan amal local, dengan penekanan khusus padaprogram anak-anak, pendidikan dan pertunjukan multicultural, kesehatan, kepedulian HIV& AIDS (Ayo! Kita Bicara HIV & AIDS), dan konservasi lingkungan (Bali ReGreen) di Bali dan Indonesia. Hingga kini, lebih dari USD $200.000 telah dikumpulkan untuk Karma (Memberikan Kembali) tahunan Festival melalui inisiatif – inisiatif yang dimilikinya.

FOLLOW US

Subscribe to RSS Feed

Latest Posts

TAGS

ARCHIVES