fbpx

Ubud, Bali May 4-7, 2023

Yoga Dance Music Healing

Buy Tickets now

Blog

Apakah Pengaturan Nafas Anda Sudah Benar?

Tarik nafaslah dalam-dalam, dan keluarkan secara perlahan.

Pasti anda akan segera mengenali kata-kata tersebut. 
Sekarang saya memasuki kelas pernafasan atau pranayama yang digelar di Lawn Pavilion. Pelatihan kali ini dilatih oleh Devi Asmarani, seorang guru yoga yang juga mengajarkan yoga pada anak-anak.

Semua peserta duduk tenang mendengarkan paparan mengenai arti sebuah pernafasan yang turut berperanan dalam gerakan yoga. Kelas pun berlanjut pada pelaksanaan teknik dasar pernafasan yang tetap berbasis pada pernafasan kemenangan atau ‘ujjayi breathe’ .

Guna melatih organ-organ pernafasan menjadi maksimal , seperti salah satunya adalah pernafasan melalui hidung Pernafasan melalui lubang hidung bisa dilakukan secara bervariasi dengan bantuan tekanan ibu jari dan jari manis kita. Awalnya terasa tak biasa, namun Devi membantu menjelaskan dan mengoreksi gerakan yang salah. Pada setiap penyelesaian tahapan-tahapan latihan, selalu diselingi dengan shavana ataupun meditasi. 

Relaks, itulah perasaan yang saya rasakan. Sebagai seorang pekerja lepas, sesi pernafasan kali ini benar-benar sangat bermanfaat untuk lebih mengenal pranayam secara dekat, apalagi Devi sebagai seorang instrultur sangat terbuka dan banyak memberikan saran. Sesuai dengan tujuan sesi yoga ini, untuk menghasilan pikiran yang jernih dan lebih terfokus.

Written by : Ayu Mandala

FOLLOW US

Subscribe to RSS Feed

Latest Posts

TAGS

ARCHIVES